Kemeriahan “Pulang Kampung”

Alhamdulillah, usai persiapan, pengumuman, pengerahan, dan akhirnya pelaksanaan, Seribu Alumni Pulang Kampung dihelat dengan rancak mulai dari kedatangan rombongan pada hari Jumat, 25 Maret dan puncak acara pada hari Sabtu, 26 Maret, pagi hingga siang dan malam. Kabar baiknya, judul Seribu Alumni diminta diganti menjadi Dua Ribu Alumni karena sampai dengan pencacahan sebelum acara Jalan Sehat, disebut perhelatan ini diikuti oleh 2000 alumni dan 600 siswa SMA Negeri 1 Jember. Melampaui perkiraan dan membawa sejumlah kegembiraan di setiap angkatan. Undangan utama yang disebut-sebut pada tulisan sebelumnya di blog ini, yakni dua bupati dan Kapolda, juga hadir dengan diwakili orasi oleh Bupati Jember, dr. Faida.

Foto alumni tahun 1997
Foto alumni tahun 1997 oleh Nungki Antaris Rahmadi di grup Facebook.

Tiada gading tak retak; koordinasi dan persiapan adalah dua hal pokok yang sering terasa lemah di negara kita yang sedang belajar. Setelah penantian respon dari calon hadirin yang ditunggu dengan “tanda tanya” oleh para koordinator angkatan, pertemuan keseluruhan koordinator yang terembus kabar maju-mundur, hingga hari-hari terakhir menjelang acara terdapat sejumlah tarik-ulur negosiasi yang dianggap adil. Dengan intensitas yang berlainan, setiap angkatan membawa sikap kelompoknya masing-masing: di sekitar Jember kota yang mungil, bertaburan alumni merentang dari usia sudah lanjut dan mapan sampai dengan adik-adik yang masih tangkas memainkan gaya. Lima puluh angkatan didatangkan pada satu waktu sangat mungkin membawa kombinasi gaya kakek-nenek hingga cucu.

Demikianlah perhelatan besar, memuaskan semua pihak untuk semua sesi acara tentu sulit. Sebaliknya, secara lahiriah terlihat beragam raut muka ceria: rindu sepanjang waktu, tertawa bersama teman lama, bersenda gurau bercampur haru, dan membalas penat dengan berpuas-puas di depan kamera. Sejak pertemuan terbatas dalam satu angkatan pada Jumat sore, tidak perlu kaget jika ada yang baru berkenalan kembali, entah khilaf pada masa lampau atau ingatan perlu disegarkan. Kami yang sudah lama meninggalkan Jember dan setelah itu hanya sekali-kali singgah merasa perlu melenturkan kaki, menyambungkan lagi aroma dan suasana sudut kota menjadi kolase ingatan.

Foto alumni 1970-an usai Jalan Sehat
Foto alumni 1970-an usai Jalan Sehat “Seribu Alumni Pulang Kampung” oleh Sunardo Sudar di grup Facebook

Sabtu pagi yang meledak: Jalan Sehat yang mendulukan nikmat batin, karena praktis semua peserta tumplek-bleg dalam kegembiraan bercanda dan menggoda. Dilihat dari sisi partisipasi semua hadirin, inilah acara puncak dengan tingkat partisipasi tertinggi. Jalan melingkar yang cukup panjang (kendati belum sampai kategori jauh), menjadi pentas yang lapang untuk bersahut-sahutan. Kami yang bergembira bergerak ke depan-belakang, menghampiri antarkelompok, berteriak memanggil-manggil teman-teman lama, dan berkumpul untuk berfoto serta bubar untuk mencari tempat berfoto selanjutnya. Kesegaran pagi membantu semua peserta menjadi lebih bersemangat. Warna-warni kostum-bersama menghasilkan corak.

Merah menyala alumni tahun 1988
Merah menyala alumni tahun 1988 di “Gala dinner”, dari salah satu komentar di Facebook, sumber foto belum diketahui.

Gala dinner adalah pertemuan resmi. Acara malam yang resmi untuk semua. Di depan panggung, ribuan hadirin ditempatkan dalam barisan kursi berdasarkan blok-blok angkatan dan padangan utama malam tsb. adalah panggung kehormatan dan hiburan. Bagian utama pidato dari panggung adalah rencana Ikatan Alumni SMA (IKAS), pengumuman para alumni yang berprestasi berdasarkan sejumlah bidang, dan ajakan Bupati Jember kepada alumni untuk berkontribusi pada pembangunan di Jember. Mudah-mudahan itikad baik ini dapat segera diwujudkan dalam satuan kelompok kerja sesuai bidang dan lebih penting lagi, dapat berlangsung dengan tekun. Kemeriahan seharusnya tidak berhenti sebagai kegiatan insidental semata.

Terima kasih untuk semua pihak yang telah mengusahakan reuni besar ini terwujud, semoga menjadi manfaat untuk semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *