Selamat Berulang Tahun Kesepuluh, Milis 1988

Kendati Cak Sigit sudah memindahkan kerajinannya menulis kalimat bijak dari mailing list ke status Facebook, dia tetap seorang yang awas terhadap hal kecil namun penting, yaitu keberkahan dari kelahiran. Secara filosofis, kata “kelahiran” dapat bermakna “diadakan”, “diejahwantakan”, dan kian panjang dalam diskusi-diskusi hakikat eksistensi diri. Berat, berat, abot rek, nek nggowo-nggowo gagayaan kayak ngono!

Padahal, praktisnya: milis alumni 1988 SMA Negeri 1 Jember genap berusia sepuluh tahun sejak pertama kali disediakan, 15 November 1999. Selamat untuk warga mailing list!

Aktivitas "mailing list" alumni tahun 1988

Dibuat saat saya masih ngalap fulus di Kota Minyak Balikpapan, di sela-sela kegiatan-sedikit-bingung di luar jam kerja, para anggota generasi awal adalah mereka yang berkesempatan lebih dulu menikmati layanan Internet negeri ini: sebagian di lingkungan kampus, sebagian beruntung di kantor yang sudah menyediakan koneksi Internet, dan seperti saya yang datang ke Warnet di Balikpapan saat itu, harus ke kantor pos.

Anggota terus bertambah dan hanya satu masa yang disesali bolong tanpa email: Mei 2006. Terpaksa satu masa tersebut terlewat. Keadaan juga sudah berubah: dulu sulit mendapatkan teman yang sudah akrab dengan Internet, sekarang koneksi Internet sudah di mana-mana dan ketemu teman malah di Facebook. Alhasil, tidak selalu otomatis bersedia atau perlu diajak bergabung di milis. (Atau, jangan-jangan malah sudah nyaris lupa: apa email itu? Hehehe)

Tidak perlu risau: zaman sekarang bukan ihwal dominasi media, justru semua lini dikepung, bagai laskar menyerbu jalur! Semua diakomodasi, sesanggupnya. Jika tidak sanggup, ya ciptakan kepala suku baru di tempat-tempat lain.

Kira-kira begitu: percayalah, Facebook pun bukan selalu killer application. Sebagai contoh, jika sudah turun gunung bikin rencana ketemuan di Jember: SMS jauh lebih praktis!

Selamat berulang tahun kesepuluh untuk mailing list. Insya Allah akan terus melaju.

6 thoughts on “Selamat Berulang Tahun Kesepuluh, Milis 1988”

  1. Dear all… hari ini 10 tahun silam …15 Nopember 1999..sebuah milis untuk alumni 1988 SMAN 1 JEMBER..diluncurkan ke dunia maya…. milis ini adalah milestone persodaraan kita…karena setelah munculnya milis ini ..dikuti munculnya blog alumni di http//www.sma1jember.info , lalu grup SMAN 1 JEMBER (global) at Facebook…terakhir adalah grup Detasemen Alumni 88 ini….

    bagi anggota grup yang belum join milis 88 silahkan bergabung Group Email Addresses Post message: sma1jbr88@yahoogroups.com Subscribe: sma1jbr88-subscribe@yahoogroups.com Unsubscribe: sma1jbr88-unsubscribe@yahoogroups.com List owner: sma1jbr88-owner@yahoogroups.com

    untuk para penggagas ; Ikhlasul Amal, Iwan taruna, Idabagus dll… tks atas inisiatifnya….

    regards Ekoz Setiawan van nGeban

  2. wow dah 10 tahun ternyata milis 88. meski terlambat, ijinkan saya memanjatkan do'a semoga milis 88 tetap jaya dan semakin jaya. Amin

  3. Mbak Wiwid ini datang-datang kok mengajak memanjat segala… Kalo begitu memanjat mulai… (emange manjat wit klopo he..he…)

  4. @dhek Rizal: maklum jaman ku cilik hobyku memanjat wit emang, tapi kalo manjat klopo masih mikir mikir “keduwuren + mbayangne ketiban klopo ne ndah neyo larane” he he he

  5. @Mbak wiwit, nek manjat pohon kelapa mestinya gak usah takut ketibanklopone.. paling awake dwe sing tibo nibane klopo sing wis tbo.. (walah mbulet omongane)… Kapan dolan Bandung Mbak?

  6. zallllllllllllllllllllllllll , Mbak Wiwied….dll…

    tulung po’o ngawe tulisan rek…. aku lagek gak onok inspirasi iki…. kerrong saya dengan saling tukar komen yang cu lucu dan OOt di blog ini 1ni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *