“Adhek kon, engko digégéri sing nduwe”:

Another posting from Johny Alfian K :
Tahun 80an lalu masih terbukti bahwa menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari menunjukkan status sosial ekonomi menengah bagi penggunanya. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan jaman, penggunaan bahasa Indonesia begitu meluas. Di Surabaya (yang pernah saya ketahui), bakul rokok di dekat Unair aja berbicara bahasa Indonesia dengan Balita-nya. Alhasil, sekarang penggunaan bahasa Indonesia sudah sedemikian meluas. Banyak keluarga muda, di berbagai lapisan masyarakat, yang berbahasa Indonesia dengan anak-anak mereka. Berbahasa Indonesia tidak lagi menunjukkan status sosial menengah.  Bagaimana dengan di Jember…..”bheh, aku gak ero kon”, (sorry kurang memperhatikan). Lalu, dimanakah bahasa Indonesia sekarang. Seorang kawan dari Aceh yang seribu persen berdarah Aceh, dan besar di Aceh, beristri orang Aceh tulen, mengeluhkan nilai bahasa Aceh anaknya berkisar antara A dan B. Saya kira itu kan nilai yang bagus sekali. Ternyata nilai tersebut harus dikonversikan ke angka menjadi “3” dan “4”. Sementara nilai bahasa Indonesia-nya “8” atau “9”. “Gimana dengan nasib bahasa Aceh?”, ujar dia. Saya bilang, mungkin ada baiknya anak2nya tidak berbahasa Aceh. Sehingga memory-nya bisa digunakan untuk belajar bahasa asing (Inggris, Arab dll) dengan lebih baik. Dia pun sedang berpikir untuk sedikit demi sedikit menggunakan bahasa Aceh pad anaknya. Terus gimana dengan nasib bahasa Jêmbêr-an?  Sebetulnya Jêmbêr tidak punya bahasa khusus. Itu semata bahasa Jawa dengan aksen Madura. Selain juga menggunakan bbrp kosa kata Madura. Jadi pada prinsipnya, tidak ada persoalan serius ketika orang Jêmbêr berkomunikasi dengan orang Jawa pada umumnya dengan menggunakan bahasa Jawa. Karenanya mungkin lebih tepat disebut dengan “dialek Jember”.  Ekspresi “bheh”, “sia” (mungkin bahasa Inggrisnya dari keduanya “gosh”), “adhêk” (berarti “habis”, atau “rasakan!”) serta kata-kata seperti: “cêrèk” (pelit), “sengkah” & “ras arisen” (enggan), , “sengak” (awas), “songar” (sombong), “sik buru” (baru saja), “carok” (bertengkar), “ra kora” (cuci barang pecah belah), “carpak” (omong kosong), “la pola” (bertingkah), “co ngoco” (bohong) tak ayal merupakan pinjaman dari bahasa Madura. Ada juga ekspresi yang barangkali dari bahasa Jawa seperti : “polane” (karena) dll dsb.  Pertanyaannya: masih adakah kata2 atau ungkapan kata2 seperti itu di Jember? Belum punah kan? 

23 thoughts on ““Adhek kon, engko digégéri sing nduwe”:”

  1. Iz, kalau gak salah ada postingan yang lalu yang topiknya seperti ini deh. Malah mau dibikin kamus bahasa njemberan segala kan… Koyoke saiki wis mulai mlebu bab pembahasan :))

  2. Bheh, gak erro aku rek nek wis ono sing "mosting". Jek aku sikburu ae molai lok-delok website iki.

    Polane aku iki gregeten, delok ono koncoku, wong Londo sing sikburu lulus master Linguistik sing nolis pengaruhe boso Meduro nang boso Suroboyoan. Korang ajare maneh, arek iku saiki oleh beasiswa PhD nang Oxprod, Inggris. Sayange aku dhudhuk "Linguist". Mosok gak ono arek Jember sing iso nylamet-no boso-ne dhewe. Jok-ojok mbesok awake dhewe kudhu bayar hak cipta nek ngomong Jember-an. Deloén ae, nek nang Lin saiki wis molai rang-arang wong sing gawe boso Jember-an. Kakean pendatang rek!

  3. @ all, "LEBIH BAIK MANA, TANGAN KANAN ATAU TANGAN KIRI ?" .. tulisan dari Cak Bambang WVS, tentang topik senada, tapi punya fokus yang berbeda, sehingga tulisan cak Johny ini tetap layak untuk ditayangkan..

  4. hua..ha..ha… jok ngok-ngokan Jon ….. ndek nGebang bahasa jemberian adalah Lingua franca…alias bahasa penghubung antara oreng Medhureh dengan orang pendatang (entah Jowo,Padang dll)yang sulit sekali bertutur bahasa Medhureh….

    pas winggi ..mole riyoyoan…bahasa yang gayeng itu malah sempat menginfluence anakku sing gedhe…sehingga seminggu setelah dari nJember …sik sering ngomong…"beh..beh…"..he..he..he lek awake dhewe para peranto …. walau sehari-hari ngomong Boso Mataraman…koyok "cah-cah".."ora ik..".."…ngono je…" atau " ho'oh po…" begitu sudah kembali Njember….yo ngomonge Jemberan lagi…

    sing angel mbek aku kan mempertahankan kegapean berbahasa Medhuro….jadi lek arep "po Clapo" karo penutur asli Medhuro koyok Cak Sudjak,Kyai Yazid atau Dasuki….sing sering gelagepan…. mangkane setiap 2 minggo pisang harus ndoleki "sate ayam" opo "sate kambing"…yen ndek Solo pas daerah Kartopuran op Kratonan ..yen Ndek Jogja..ndek sawitsari yo ono …mbiyek ndek Balikpapan…di depane hotel Budiman opo Gn.pasir…sekalian andok sate..ngiras ngirus po clapo ambek mereka…tapi yo iku…isik Gherree ….tapi yok lumayan …..

    lek sak iki arep omong Jemberan gampang…. tinggal telpon dokter Sevi,Yanar opo Arik ..he..he..he…wis enak wis po clapone…

    Lho cacakmu…malah winggi ketemu Wong Medhuro ndek Chicago jare pas ngliput kemenangan Obama…he..he..he,… yok opo ndek Leiden….mosok gak onok tukang sate Medhuro?…he..he..he…

  5. Ekoz, tak kira awakmu gawenge nangkring nang warung Hik Manahan. Gak ro ne, sik setia nag sate. Tapi ojok nyate pitike tonggo yo….

    Pas 17-an wingi, rek-arek soko Pesuruan, Bondowoso dll sing tergabung nang arek nom2ane NU, dodolan sate nang KBRI. Lumayan jare, cuman 3 jam ngipasi sate, oleh 1000 euro. Bayangno, nek awake dhewe isa oleh duik sak ono nang Indonesia…

    Aku ngomong dialek Jemberan, dhudhuk gawe generasi awake dhewe, tapi generasi lanjut. Tapi nek ana yo syukur-lah. Asal gak di ba-tambahi kayak "bheh", dadi "bo aboo" a la bu Bariya-ne si Unyil. ..

  6. Lho Jonny…justru "bheh"…"yok opo se" iku jadi pengantar indah di telinga, utamane untuk keluargaku yang kecantol ndek bongso betawi..rasane khas dan bangga kalau kemudian ada yang nyeletuk..aih…jawa mana tuh?? hehehe…jawa timur jawabku..pengene karo petantang-petenteng koyo preman ben podo wedi..tapi nyatane mereka malah mringis…aneh be'e yo, Kadangpun saking pengene pamer, nek teman2 pada kumpul di rumah, aku puterno kartoloan…wis babah, aku gak perduli mereka ngerti ta gak, sing penting puaaaas hehehe

    AKu yo cemas jane nek bahasa daerah perlahan akan menjadi hilang…coba sedhiluk awak dewe bayangno,zaman2 awak dewecekikikan karo setengah mesuh-mesuh..duh, nikmat tenan, akrab kesane…lha wong pas muleh wingi ada kejadian lucu, karena anakku longgo karo sepupune, dijak ngomong jowo…ngamper-ngamper gak ngamper, sampe dari lawan bicarane muni 'mrucut' anakku mek iso ngakak, basan ditakoni ngerti gak artine dengan polos dia jawab'gak!! hanya lucu aja'. welah perasaanku nyesek juga…anakku jowo koq gak ngerti jowo…wah bakalan betawi tulen nek diterusne

  7. faiz tak parapa Iz..kan dinggo sing kadang mbuka, kadang nginceng, kadang melek lan kadang semedi koyo aku ngene…hehe kan aku dadi melu urun rembug, mergo sing tulisan mbiyen aku lagi merem.semedhi kiro2

  8. Hallo jhony.. Iki apa kancaku sing ning SMP 2 yoo…nek ora yo nderek tepang wae…. Sory mas jhony..iki aku wis suwe ning Solo (23 tahunan)..dadi boso jembere wis rada kaku…ning wingi pas ketemu ekoz mung sakjam-an ae mulih2 logatku wis digeguyu karo wong sak omah…berarti kuwi garek lingkungane ae yo…, nek ketemu panjenengan mungkin aku wis bali nang asline..boo..yek opo khabarmu, ku mlaku yuuk.. Waktu pertama kali ning solo, ana sing ngomong ngene "wah bocah kuwi longgor banget". Rasane meh tak uncali dhingklik wong kuwi, lha nek bahasa jember longor kuwi lak artine oon thoo..(g sing sijine ora krungu, mergo sayup2, oya longgor=bongsor ternyata kamsude….Ndekmben waktu ning solo pertama kali aku kerep diesemi uwong, lha iki piyayi ketoke wajahe solo ning omongane koyo bu bariah..bo aboo…ga matching jare he he he…

    @sevi Aku wis bali ning omah..wis arep totok wajah karo totok tubuh..hi hi hi..

    @ekoz.. Matur nuwun infone tentang bank yoo…eh iyo, bahas sms-mu kok irit tenan..iki iso kanggo topik anyar lho…

  9. Mbak Intan,aku sekolah SMP 1. Dherek tepang juga.

    Longor, bongsor & congor, jan meh padha unine. Yen, aku dhisik pertama ning Yojo, sing digawe gegeuyu keluargane ibu kos mergo aku ngomong "waras", ora ngomong "mari". Lan "lugur", ora "tiba".

  10. Aku juga pernah mengalami miskomunikasi dengan teman diawal kuliah di Yogya dulu. Pas ada pesantren sehari. Di jember istilah kamar mandi adalah "jeding" sementara di Yogya dan jateng pada umumnya kamar mandi adalah "kolah". Sore itu pas istirahat, aku lihat segerombolan temen-temen seperti mau ke kamar mandi:

    aku: hei, kate nang jeding yo? tmn: nggak, arep nang kolah. Melu piye? aku: nggak ah, tak kiro kate nang jeding.. tmn: jeding kuwi opo toh? aku: jeding iku kamar mandi.. tmn: yo ayo melu, kolah kuwi yo kamar mandi..

    Jadi kalo diterjemahkan ke bahasa indonesia itu seperti percakapan dua orang tuli..hehehe

  11. Bingung arep komentar..gak sido komentar ah… bingung soale. Tapi nek gak komentar gak enak..tangane wis gatelen pengen ngetik..tapi arep ngetik opo yo?.. kok tambah bingung… yo wis gak sido wae komentare…..

  12. Awal masuk kuliah di Fisip Unair, aku juga punya kenangan yang nggak bisa ilang dari ingatan. Waktu di kampus (jam istirahat) aku lagi jalan ama temen baruku (cewek) asli malang. Tiba2 dari kejauhan ada cewek teriak sambil awe2 ke arah kami "Cuk!!!!!" jantungku sempet ndredeg gak karuan sambil bingung waduh ada apa ini. Dan belum sempet dredegku hilang, temenku juga teriak "Jancuk!!!!!!! khoen sik urip ta ????????!!!!!!!" sambil terus berpelukan, ketawa ngakak dan sun pipi kanan kiri. Ternyata mereka sahabat lama waktu di Malang. wah wah wah bener2 pertemuan dahsyat yang nyaris bikin rontog jantungku ha3. Dan beberapa tahun kemudian, adikku bangga dengan jaket almamaternya "ITS Cuk!!!"

  13. aku udah lamaaaaaaaa sekale gak denger "sego pincuk" mbak Wid….hahahaha….. soale arek2 di kantor kan rata2 dari luar surabaya, dari daerah2 kulon gitu, madiun, kediri, nganjuk, dan sekitarnya yg alus2 gitu kan bahasa jawanya. yg dari jember aja, aku thok. duluuuuuuuuu sekali my big boss, asli surabaya, meskipun udah tinggal lama di USA, pas pulang indo ya sering ngomong "sego pincuk", tapi melihat staffnya yg pada shock, jadi sekarang ya udah gak pernah ngomong kayak gitu lagi hahahhaa…… susah lho sekarang di surabaya bisa menemukan orang2 yg secara spontan mengatakan itu…. tapi asli, seru lho……

  14. @Dhek anna: thanks yo ternyata kromo inggile "sego pincuk" ta, ha ha ha ha ha ha ha. Awalnya emang bikin jantung drodog tapi lama2 bikin jantung kuat. Tapi iya ya dah lama juga aku gak denger "sego pincuk" lagi, mungkin karena alamnya dah beda atau emang dah mau punah kali'. he3

  15. Saat di SMP 2 pelajaran bahasa daerahnya itu pakai bahasa jawa tengah (kromo inggil). Jadi inget sama P Mukri, jadi lingua franca jemberan saja mengalami pemusnahan pelan-pelan karena jangankan di back up sama pemerintah, sama bidang pendidikan saja dilupakan. Saya juga ngga terbiasa menulis dengan bahasa jawa aapalagi bahasa jemberan. Tapi untuk pergaulan sepertinya masih eksis karena di lingkungan keluargaku di jember masih pakai bahasa jemberan. Tapi kalo kumpul sama keluarga ibu dari solo dibilang bahasa madura. Kalo anakku meski bokapnya jember nyokapnya boyolali tetap make betawi abis temennya manggil babe-babe sama nyak-nyak. MENEKETEHE

  16. Kerrong juga Chak AQu karo bahasane..wes suwe gak mole ngetan..yok opo kabhare rek arek..jare wis onok sing dheddhi oreng..jok kloppaen bek AQu yoo..kapan iso dhal budhalan karo ndellok TAJEM..nek onok arek Jember opo maneh arek Kalisat sing kesasar dhek Semarang tulung gholekono AQu. 081390549545

  17. Hey Chak AQu kelangan komunikasi karo cokonco iki : Abdul Aziz, Abdul Hamid ( Kalibaru ), Abdul Rohim, Agus Mulyono, Bambang, Bakri Kribo, Berlian Suryanto,Bagus Nur Effendi,Dodik Munardi,Edy Purnomo, Embhun Juan, Fauzi Aszhab, Kunani Rizal, Hariyadi, Hari Purwiyanto, Margono,Misjianto, Mulyono (BALOK),Puguh (Masih On) , Syamsul, Supriyono, Supriyadi, Siti Hanifah, R. Kiswanto, Sudirman,Suseno(Terbasala), Tri Perdiwiyono, Wiyanto dan sepurane nek onok sing lali.081390549545

  18. ass… konco2 kabeh, aq asli tole' jember n ortu ro-karone yo wong jember. Aq bangga dadhi arek jember polane bahasane jember iku lebur n lak awak dewe ngrungokno iku seneng, ex : dus-adus rah kono !! beh marra jok gel-megeli.. siah mak taker koyo ngono, congoco awakmu iku.. dll. Marra le' pertahanno bahasane tole' jember ben anak-putu sik iso/ paham bahasane jemberan. Suwon yo le'

  19. ass.Konco konco aku memang kehilangan sahabat-sahabatku semasa sekolah dulu di era tahun 80-an. antara lain :Abdul Aziz, Abdul Hamid ( Kalibaru ), Abdul Rohim, Agus Mulyono, Bambang, Bakri Kribo (Polisi), Berlian Suryanto,Bagus Nur Effendi,Dodik Munardi,Edy Purnomo, Embhun Juan, Fauzi Aszhab, Hariyadi, Hari Purwiyanto, Margono,Misjianto, Mulyono (BALOK),Puguh (Masih On) , Syamsul, Supriyono, Supriyadi, Siti Hanifah, R. Kiswanto, Sudirman,Suseno(Terbasala), Tri Perdiwiyono, Wiyanto. Bila ada di antara kalian yang masih mengingat aku tolong hubungi tlp ini 08159061355. Mohon maaf apabila ada nama yang tidak tersebut diatas.

  20. Nggak bisa dipungkiri, dialek jember memang juauh beda dari dialek jawa yang pakem (baca: mataraman), beda juga dengan suroboyoan-malang(an). Rada gak adil memang, memaksakan pelajaran bahasa daerah jawa mataraman ke jember.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *