Liputan Reuni 2008 di Jember

Konon dengan berbekal “kartu pers” majalah dinding, Eko Setiawan pada saat menjabat redaktur mading sekolah, mendapat akses langsung ke panggung God Bless. Kejadian di abad lalu, saat kompetisi media massa belum mencapai ledakan blog seperti di abad XXI. Kendati demikian, saya gunakan juga “fasilitas” peliput milis dan blog sebagai kartu tanda masuk untuk dua reuni yang telah berlangsung di bulan Oktober 2008, bulan Syawal dalam kalender Qomariyah.

Reuni B-1 (aka. Krokus)

Pertama adalah pengumuman alumni Biologi-1 (B-1), lulus tahun 1988, yang secara spontan akan berkumpul di Kafe Cak Tawal, Jalan Jawa, sebelah SMP Negeri 3, Jember. Tiga nama saya pegang: Cak Tawal sendiri sebagai bohir kafe, Mbak Etha (Margaretha Ardhanari), dan Cak Adib (Tauladan M. Adib). Kebetulan yang menguntungkan: ketiganya teman sekelas di kelas 1. Artinya: seburuk-buruknya kondisi jika freepass peliput milis dan blog ditolak, mosok konco dewe tega rek nolak sakwise 20 tahun gak ketemu?

Sebelum libur datang, saya sudah membuat janji dengan M. Rofik, alumni Biologi-3, yang mendapat panggilan khusus dari Cak Ja’i (Achmad Sujayanto). Alasan panggilan (dengan rencana akan ditraktir) ini juga yang tambah mendorong saya berniat berangkat dari Balung.

Sampai di sana, seperti halnya reuni lain yang baru pertama diadakan atau sudah sangat lama tak bersua: perlu celingukan untuk sinkronisasi basisdata ingatan dan penampakan visual. Sebagian segera terdeteksi, sebagian lagi perlu beberapa jenak mendengarkan kisah kasih di SMA, untuk memperoleh riwayat yang lebih lengkap.

Watermelon

Agar tak berpanjang kata di tulisan awal ini, sila lihat langsung koleksi foto di bawah ini untuk reuni pertama, hari Jumat, 3 Oktober. Beberapa agenda yang dibahas malam itu akan saya paparkan ke tulisan berikutnya. Fotone ndhisik, rek.

Setting Up Steering Committee

Class Reunion of B-1

Reuni Lulusan 1988

Keesokan harinya, Sabtu 4 Oktober, saya menyempatkan lagi mendatangi pertemuan yang “lebih akbar” (walaupun belum “akbar-akbar amat”) di R.M. Terapung, Mangli. Kali ini berkesan pertama menghadapi para pembesar, ditandai dengan penampakan yang lebih “kebapakan” walaupun setelah ketemu berlaku adagium: hilanglah semua “kejaiman”.

Tulisan ini juga tidak akan mengupas tuntas bom ketawa yang terjadi sepanjang reuni, karena kabarnya seperti membuka “Kotak Pandora”, membuka tutup botol dan menyebabkan jin-jin yang sebelumnya disekap di dalamnya gentayangan kembali.

Patternlicious

Tapi bukan berarti tanpa warta, sekali lagi nikmati dulu foto-foto di bawah ini. Tulisan lebih rinci tentang materi pertemuan akan disusulkan berikutnya.

20 Years since Graduation

Graduation 1988 Reunion

Bonus acara: profil beberapa figur yang berhasil dengan baik dijepret saat pamit meninggalkan acara.

Bambang L Widjanarko and His Wife

Iwan Taruna

Catatan:

  1. setiap foto di atas berisi tautan ke halaman di Flickr tempat foto disimpan;
  2. koleksi semua foto dapat dilihat di tag “Reuni SMA1JBR88 2008”;
  3. jika terdapat foto lain yang “ditemukan” berikutnya, akan disusulkan.

68 thoughts on “Liputan Reuni 2008 di Jember”

  1. For Cak surya…. Bagi Cak surya ini…dari semua pojokan nJember…yang paling berkesan adalah Kampung Ledok he..he..he….

    Kampung ini lumayan menghasilkan banyak seleb juga….

    Abah A Rofiq….si pandangan pertama konon berasal dari ini kampong…

    jangan lupa…. usut punya usut…si Dewi Persik aka Dewi Murplekenut…ternyata adalah arek KAMPUNG LEDOK yang tembusane Gang babian….

    Angkatan 88 punya satu seleb disono dgn PPR yang lintas batas Angkatan dan Sekolahan….

    (cak surya pilih yang terakhir kan..hua..ha..ha..)

    For all…. Sorry agak OOT…. (tami masih nyrempet tema REUNI kan…???)

    For Cak Amal… mana lanjutannya?

  2. @Hesty Si ekos ga termehek-mehek..tapi terngekek-ngekek…arep teletubis-an ga muhrime hi hi.., wis wingi podo panglinge kabeh (tapi menange aku kan wis ndelok phutu2 di blog ini..) Adikku ning cibubur. Mengko nek ning jakarta tak mampir.Eh Hes..kamu kan yg lebih longgar..neng Solo yukk..kan cuma sakjam..

    @Ekos Kmr terlalu mendadak kos..daftar pertanyaanku durung dadi,berarti ada reduaan part 2 yoo.. ha ha ha..banyak pertakonan sing blm kejawab. Mungkin nek ono reuni aku tak nyempil-nyempil melu ae.(dg wajah memelazz..). Salam soko adikku sing ning Kanada. Deweke mengikuti perkembangan blog ini, juga karo cekikikan…

    @ Faiz Iz..mentang2 kita dulu kriwil2 trus penyanyine mbok padake Didi kempot. Ketoke jik sexy awake dewe yo Hes…kowe tipe pria romantis yo..???

    @Ludiiii…(nek iki ora nganggo ndodok njerite..) Si cool man, yek opo khabare…aku salut ambek kisah romantismu karo endang..iso digawe novel.., kapan reunian SD?

    @For all Aku masih terkaget-kaget dengan peristiwa bbrp hari ini…br bisa menenangkan diri. Makaciiih buat semuanya, buat yang punya ide blog ini, buat ekos yang ngasih izin gabung, buat amal,sevi, ika,ivan, faiz, mba triani, iwan dan semuanya..yang longgar atinya blog ini di 'cemari' alien.. he he..Tak tunggu road show kalian di Solo…salaaammm…(eh tau ga bbrp hari ini aku diprenguti bojo, soale bangun tidur ku terus…liat blog..ha ha ha..)

  3. Ha..ha..ha..ha… Bukan bermaksud madhakke panjenengan kekalih kaliyan biduan Campursari kondhang Kangmas Didi kempot. Tapi membaca penuturan jeng Hesty yang terkesan memelas saat ditinggal njenengan, spontan bayangan videoklip "Stasiun Balapan".. sing jare radha wagu, melintas di benakku.

    Makanya aku persembahkan lirik lagu "Stasiun Balapan" untuk ketulusan persahabatan njenengan berdua, yang semoga Barokah hingga akhirul hayat menjelang..

    Soal Pria Romantis, nanti tak tanya isteri dulu.. Mestinya " I'm the most romantic person to her..", makanya dia dengan sukarela menerima pinangan saya waktu itu. Jeng, romantika hidup saya bersama istri juga berawal dari Stasiun.. tepatnya Stasiun Purwosari. Jadi, Stasiun merupakan titik tolak masa depan saya.. 🙂

  4. For all…. Aku pernah cerita kalok ada beberapa Reuni pada lebaran silam 1. Reuni Krokus at Jl.Jawa ( 03 Oct 2008) 2. Reuni Milis&Blog at Mangli (04 Oct 2008) 3. nah yang gak sempat datang [pada 2 acara tersebut lantaran masih di Perjalanan ato ada halal Bihalal di Luar kota sepakat ketemuan di Lun alun pada Hari Minggu (05 Oktober 2008)

    nah ini ada 2 foto hasil jepretan Mas Yudhie alias Suaminya Dokter Sevi…. http://www.facebook.com/photo_search.php?oid=5494… sebenarnya aku juga masih ada beberapa foto…tapi kameranya sedang ketlingsut he..he..he

  5. For cak eko, Kampung ledok ini, cuma aji "sopo ngerti", sambil menyelam minum air, 1. Safety: lek musim hujan, jembatan KA licin, berangkat sekolah lwt kampung lekok, sopo ngerti ketemu para artis kampung ledok iso budhal sekolah bareng. 2. Belonjo. Kadang-kadang dikongkon tuku bumbu dhek pasar kampung ledok, sopo ngerti ketemu areke lagi tuku bumbu pisan. 3. Makanan. Dari soto ayam di depan gang kampung ledok, pecel sego jagung, sampe mie ayam gebang. Lokasinya ya di kampung ledok. Sopo ngerti ketemu arek lagi ngandok pisan. Hhahahaha.

    Seandainya, SMA 1 dan SMP 1 lokasi nya di Kaliwates, Reutenya bisa berubah, iso mampir dhesek nang gebang tunggul, sopo ngerti ketemu artis gebang taman. Awak dhewe lak modal e "sopo ngerti".

    Sorry ya OOT.

  6. @Alhamdulilah, lego banget akhirnya semua foto2 reunian ini bisa kebuka. Ya mungkin karena sangking uletnya dan pantang menyerah he3. Makasih juga buat dhek Ekoz yang dah kasih tau foto2 reuninya di Alun2. Asyik juga mampir di multiply nya dhek hesty. Jadinya wajah2 kalian jadi familiar banget meski belum pernah ketemu. @Dhek Surya: kalau menyelam sambil minum air, ati2 keselek.he3.

  7. malah mbak wiwied yang belum disclosure bagaimana sebenarnya wajah mbakyu saka tanah osing iki….

    rikak nduwe account Multiply opo FS opo FB..opo kirim email ngonanku ae mbak..biar tak uplod di grup SMA ha..ha..ha…

    For Cak surya… "sopo ngerti" adalah ilmu sabar paling tinggi di kalangan para PPR..karena bersifat non agressive dan non violence..he..he..he….

    For faiz… uplod foto-fotone kanca-kanca Kyai… ndek Grup SMA 1 at facebook yo…..

  8. @Dhek Ekoz: Iyo tiba'e. he3. Abis, dah nyeleksi fotoku yang paling oke gak nemu2 sih. Tapi dhek ivan dah tau wajahku waktu ketemuan di kantorku. Dan dhek Faiz juga dah tau wajahku and wajah suamiku waktu tanggal 13 October kemaren ketemuan di Stasiun Gubeng. Sayangnya sabtu minggu kemaren waktu aku ke Jember, aku gak sempet ngabari & ketemuan ama dhek sujak. kalau sama dhek Ekoz, gak ketemuan juga aku dah apal banget wajahnya, abis ada di mana-mana gitu loh.

  9. @Ekos …wingi lali yo ra phutu2..saking podho kagete..aku kaget mbok telpun hari itu juga mau ketemuan (pdhl janjine selasa, untung aku wis luluran), kowe mesti kaget liat make overku..(ya ga..ya ga..wajahmu ra iso ngapusi hi hi hi..)… informasi ilmiah sing wingi jane durung lengkap..ning aku wis ewuh jaluk tulung kowe maneh..he he.. @Hesty Email berikutnya dah baca? mengko nek YM wis dadi (tak sinau sik sing iso delok2an kuwi lho..?????), tak call deh..

  10. @intan plekenut nyuwun duko lo jeng…. durung sempet bales email lagi, ntar malem cubo tak buka neh…. la iki repot ae karepe dewe hehehe….

    Oh ya, gampang koq ora sah suwe2 sinau ym'e gak koyo dek mben jaman awake dewe nek sinau pelajarane bapakmu-keri, eh pak mukri sing podo ro awake keritinge hahahaha….

  11. @Dhek Hesty: Tak lihatin terus wajah-wajahmu ben apal. ntar kalao ketemu di Jakarta atau di Ambulu biar gak lali. he3.

  12. Seviiiii… suwun banget yo, opo meneh ngingetke wajah-wajah sekian puluh tahu lalu…aih…bersyukur rasane menemukan kalian-kalian lagi Ayo untuk yang lain yang masih nyimpen…coba unjukkan

  13. Mbak Wied, foto-foto dari saya yang dipasang di tulisan ini, seharusnya bisa dilihat oleh semua pengunjung tanpa perlu tindakan khusus seperti klik misalnya.

    Terima kasih.

  14. @Dhek amal: Iya ternyata. Kirain fotonya bisa kebuka karena sangking kerasnya usahaku klak klik klak klik di fotonya. he3. Gak tau kenapa awalnya foto2 gak bisa aku lihat secara otomatis. Tapi sekarang dah automatically. thanks

  15. oh… temen atu angkatan 88.. sma atu jbr. temen tercinta kita anggowo basuki kabar yg aku tahu dari teguh udah meninggalkan kita semua,…. ##??

  16. Wah.. foto2nya gak ada yang kukenal.. Iz..kapan ke jember? Insya Allah lebaran nanti aku pulang ke Jember.. Nomer HP mu yg mana yang aktif? Maklum jurangan, HP na banyak 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *