“Henohenomoheji”

Henohenomoheji, sebuah frase yang terdiri dari beberapa hiragana (huruf dasar bahasa jepang): he(へ) no(の) he(へ) no(の) mo(も) he(へ) ji(じ) . Yang kalau ditulis jadi membentuk wajah manusia:

Menarik,kan?

Biasa di pasang di wajah-wajah orang-orangan sawah. Yang berarti udah membudaya sejak lama. Di beberapa tokoh di manga (komik jepang) pun ada:

  • In the popular anime Naruto, the character Kakashi Hatake’s face is the subject of an entire episode (no. 101), in which his students try to remove his mask. Against one of them he uses a decoy (scarecrow) of himself, with the Henohenomoheji drawn on the face; which is appropriate enough, given that his name (Kakashi) means “scarecrow” in Japanese. Also, Kakashi is able to summon a small pack of eight dogs, all of which have the Henohenomoheji on their backs.
  • In the anime One Piece, Igaram makes dummies with the Henohenomoheji face to impersonate Luffy, Zoro, and Nami.
  • In the MSX game Parodius, one of the bosses is based on this.
  • In the Sega Genesis game Crusader of Centy, a puppet controlled by a boss has this for a face.
  • In the popular anime Digimon, the Digimon Nohemon, a scarecrow Digimon, has Henohenomoheji on its face.
  • In the Nintendo DS game Animal Crossing: Wild World, the visitor Blanca’s face is that of a Henohenomoheji, and can be altered to the player’s own design.
  • In the PlayStation 2 video game Ōkami, characters are represented with a Henohenomoheji icon floating above their heads whenever they are too far to be seen.
  • In the PlayStation 2 video game Chulip, the generic factory workers all have Henohenomohe faces.
  • In the anime The Melancholy of Haruhi Suzumiya, a brief scene in episode 11 showed Koizumi’s fleet with a crew full of Henohenomoheji.
  • In the manga Ranma ½, the title character Ranma Saotome often wears the Henohenomoheji face.
  • Mangaka Yuu Watase is often portrayed in a Henohenomoheji mask.
  • In the anime Mononoke, the Medicine Seller briefly wears a Henohenomoheji on his blank face during the Noppera-bō arc before restoring his own.
  • In the anime Samurai Champloo, the baseball catcher doll in episode 23 “Baseball Blues” has a Henohenomeheji on its face.
(wikipedia.org)

Di bahasa indonesia ada nggak ya?

Meskipun sederhana, budaya ini tetap dijaga. salut juga sih. Sekaligus malu, karena budaya ku sendiri sudah ada yang kulupakan. Bahasa krama (bahasa halus jawa) sudah lupa, padahal sekarang sedang belajar bahasa-bahasa halus/merendah dalam bahasa jepang, yang notabene sama seperti bahasa krama juga.

Bicara tentang bahasa, sabtu kemarin di masjid Osaka, orang Mesir memberi pelajaran bahasa Arab,dan sedikit logat Mesir. Di awali dengan cara menulis dan membaca huruf arab. Setelah memperhatikan, dan sedikit latihan pengucapan, ternyata ada beberapa pengucapan yang berbeda dengan yang diajarkan padaku waktu kecil. Tetapi, sayangnya kemarin hanya belajar sampai huruf ke 7 (خ), sedangkan sabtu ini aku gak bisa ke masjid. Karena lusa, Jumat 18 Juli, insayaallah, aku terbang ke indonesia untuk tanggal 20 nya terbang lagi ke Vietnam untuk ikut IPhO (International Physics Olympiad) 2008 di Hanoi, Vietnam.

Mohon Doanya semoga bisa membawa nama baik Indonesia.

Oh,ya baru ingat, aku bertemu seorang alumni SMA 1 Jember yang sekarang di Jepang: Achmad Chamdani Eka P , angkatannya, mungkin, tahun-tahun dekat tahun kelahiranku, 1990. Dan waktu pengajian aku bertemu dosen ITB , maaf, lupa namanya, yang sedang berkunjung ke Jepang, yang juga alumni SMA 1 Jember.

sekali lagi, Mohon Doanya semoga bisa membawa nama baik Indonesia.

Author: abc

Adam Badra Cahaya, angkatan 2004, alumni 2007

9 thoughts on ““Henohenomoheji””

  1. Kalo di Indonesia, Boso Jowo..

    HONOMENE = Ada lagi

    Aku sebenarnya kepikir mau bikin huruf/Font Jawa Kuno, Ha na ca ra ka, Da ta sa wa la.. , tapi gak sempat.. Cuba sing duwe karep podo, gawekno font iku trus di promosikno ndik free-font_dot_com.

  2. Aksara jawa terkini, katanya ada revisi yakni= ho no co ro ko, do to so wo lo, po do jo yo nyo, mo no ku ro bo.. 😉

  3. Pro adam Badra cahaya… Selamat atas kemenangan panjenengan… di Internasional Physics Olimpiad di Vietnam….

    jadi selanjutnya tinggal kuliah dan dapetin Doctor Physika ya gaK?…

    selamat-Selamat….

  4. ya, terimakasih.

    maaf, cuma dapet perak.

    dan sedikit revisi, ternyata tanda petik(")-nya ji dari hnohenomoheji itu seharusnya jadi telinganya wajah itu. Jadi, kurang turun sedikit.

  5. @ ABC, Dik, jangan berkata "cuma" atau "mung enthuk perak". Apa yang sudah dicapai oleh TOFI tahun 2008 sudah menggembirakan kami-2 di sini, bahwa ABC telah ikut mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional. Bolehlah dibilang "penyegar" di tengah carut marutnya dunia Pendidikan di negeri kita.

    ABC adalah segelintir siswa Indonesia yang berkesempatan membuktikan diri sebagai salah satu yang terbaik, jadi sewajarnya kami berbahagia dan menyemangati ABC untuk terus maju dan maju.

    Apapun perolehannya, ABC tetap patut diacungi jempol. Toh diantara kami-2 disini, (mungkin) belum ada yang mencapai level seperti yang sampean capai. Sementara ini baru taraf jadi supporter yang baik..

    So, Jangan melihat gelas yang setengah kosong, tapi lihat yang sudah setengah terisi.. 🙂 Keep on Rocking The World With Physics, ABC.. 🙂

  6. Wah…. hebat… hebat… met ya Adam… pesen aq jadikan semuanya sebagai kredit hidup qmu; aq yakin qmu akan bisa tuai di kemudian nanti… SUKSES SELALU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *