Statistik Blog

Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional 2007, 20 Mei, 2007, statistik blog ini menggunakan Google Analytics dipasang. Sekarang saatnya melihat gambaran aktivitas blog ini selama satu tahun, dan akan dijelaskan di bawah ini.

Sumber analisis: Google Analytics, menggunakan kode JavaScript yang dipasang di akhir halaman blog.

Cara kerja pengumpulan data: setiap halaman blog diakses oleh pengunjung, kode JavaScript dari Google Analytics dijalankan oleh peramban (browser) pada saat sebuah halaman selesai dimuat. Kode tersebut meminta peramban menghubungi aplikasi di server Google Analytics dan informasi kunjungan tadi dicatat oleh aplikasi di server. Hasil dari pengumpulan data dan pengolahan tersebut disajikan kepada pengelola Web ybs. dalam bentuk halaman Web di situs Google Analytics.

Keterbatasan: karena mengandalkan skrip yang dipasang di akhir halaman blog, terdapat keterbatasan pengumpulan data pengunjung dengan cara ini, a.l. penghitungan tidak akan dilakukan untuk pengunjung yang menggunakan peramban dengan JavaScript dinonaktifkan (disabled); sebab yang lain jika halaman tersebut tidak dapat diakses secara utuh, sehingga bagian akhir gagal dimuat; atau skrip tersebut diblok oleh penyedia layanan Internet (Warnet misalnya).

Tujuan analisis ini bukan untuk mendapatkan gambaran komprehensif dan akurat tentang pengunjung blog, melainkan lebih pada penyajian perkembangan situs selama kurun waktu tertentu dan dalam konteks bersenang-senang.

Saya sendiri sebagai penyaji bukan ahli statistik, sehingga sangat mungkin penjelasan saya sangat terbatas atau perlu dikoreksi. Umpan balik dari Anda, pembaca, sangat dihargai. Terima kasih.

Analisis dilakukan pada periode 20 Mei 2007 s.d. 20 Mei 2008. Grafik yang disajikan di sini dalam ukuran kecil, sesuai ukuran halaman blog. Untuk mendapatkan ukuran grafik yang lebih jelas, sila klik grafik tersebut.

Kunjungan secara umum

Grafik kunjungan per hari:

Grafik kunjungan per pekan:

Dalam angka:

  • total 12.389 kunjungan;
  • total 35.779 halaman dilihat;
  • rata-rata 2,89 halaman/kunjungan;
  • waktu kunjungan rata-rata 5 menit 17 detik;

Dari angka 2,89 halaman/kunjungan terlihat bahwa pengunjung membaca beberapa halaman dalam satu sesi atau juga menulis komentar (karena setiap komentar memanggil lagi halaman tersebut, jadi dihitung dua kali). Kendati demikian, “angka ketidakpuasan” — yaitu pengunjung datang di sebuah halaman dan segera meninggalkan situs dari halaman itu juga, yang dapat diartikan kemungkinan ybs. merasa tidak sesuai, sebesar 51,75%. Penafsiran lainnya: pengunjung memang hanya datang untuk melihat komentarnya sudah dikomentari lagi atau belum (kunjungan singkat).

Kunjungan baru tercatat sebesar 48,93% dapat diartikan memang benar-benar orang baru datang berkunjung, namun juga sebenarnya pengunjung lama yang ganti alamat IP apalagi jika diingat pengguna komputer di rumah dan kantor banyak yang menggunakan alamat IP dinamik.

Profil pengunjung

  • Total terdapat 185.941 6.065 pengunjung;
  • Internet Explorer masih merupakan peramban yang paling banyak digunakan (48,74%), diikuti oleh Firefox (41,62%), dan Opera (7,92%). Ayo Firefox, salip IE!
  • PT Telkom masih merupakan penyedia jasa yang paling banyak digunakan untuk mengakses blog ini (peringkat 1 s.d. 4!), diikuti oleh Indosat, dan Opera. Pengguna Opera Mini di telepon genggam untuk situs ini cukup banyak;
  • Pengunjung yang memakai Microsoft Windows tak tertandingi: 93,8%;
  • Resolusi layar 1024×768 masih merupakan monitor sebagian besar pengunjung (67,81%);
  • Lima negara utama pengunjung: Indonesia, United Kingdom, Norwegia, Malaysia, dan Amerika Serikat. Norwegia berada di peringkat ketiga kelihatannya berkaitan dengan pemakaian Opera Mini, yang memang berlokasi di Norwegia.

Kedatangan pengunjung

Catatan tentang cara kedatangan pengunjung:

  • mesin pencari masih merupakan sumber informasi kedatangan pengunjung (52,27%), diikuti kedatangan langsung (24,61%), dan rujukan dari situs lain (23.12%). Kedatangan langsung berarti pengunjung sudah hafal URL situs ini atau menyimpannya di buku alamat peramban;
  • Google masih merupakan mesin pencari paling banyak yang mengantar pengunjung ke sini; sedangkan situs lain terbanyak membawa pengunjung adalah Yahoo! Mail;
  • Peringkat lima kata kunci pencarian teratas yang membawa pengunjung ke blog ini: “sma 1 jember”, “sma jember”, “yunik istikorini”, “sma1jember.info”, dan “hesty damayanti”. Selamat kepada Yunik dan Hesty! Peringkat pertama pun hanya mengumpulkan 3,15% dari total pencarian, yang berarti menunjukkan secara keseluruhan pencarian sudah beragam, tidak didominasi kelima kata kunci di atas;

Halaman populer

Halaman yang paling sering dikunjungi adalah halaman depan (27,16%), diikuti oleh Buku Tamu, Kategori Alumni, entri Para Penggemar Rahasia (PPR), dan Mau Dengerin Lagu Hits di Masa Sekolah? Selamat untuk Ekoz dan Omdhe.

23 thoughts on “Statistik Blog”

  1. " ..diikuti oleh Firefox (41,62%)";"…diikuti oleh Indosat..";"Pengguna Opera Mini di telepon genggam untuk situs ini cukup banyak.."

    Wah, boleh seneng sedikit nih, kan aku pengguna Firefox dan Opera Mini Ponsel. Lha nek pakai "FLOCK" masuk mana, Cak ?

  2. yang pakai kata kunci "Yunik Istikhorini" pasti nggak jauh2 dari Ekoz, Omdhe, surya… dan oknum2 nGgebang lainnya…. wakakakaka

  3. cak afton, aku duwe alibi, Oknum yang satu ini, saya cuma tahu nama depannya aja, ngak lengkap gitu. Kelihatannya sobat-sobit dari Gebang Darwo merindukan putri dari Gebang Taman.

  4. For Cak Amal…. Insyaallah jerih payah panjenengan jadi amal sepanjang masa..aminn….

    For Cak Afthon… kayaknya fokus bukan pada YI deh…lebih pada RN..Rahmat Noelyono..he..he..he… Kampung Ledok rule the world….

    For all…. Jember dan SMAN 1 memang sumber inspirasi yang tak pernah kering ….jadi kalo ada cerita-cerita yang seru di masa-masa SMA dulu…jangan disimpan dalam hati…..tuliskan…dan hadapi semua komentar sebagai pencerahan pikir menuju Indonesia yang berperadaban lebih baik…..

  5. 4 Cak AMAL, Total terdapat 185.941 pengunjung; Angka ini semuanya pengunjung yg berbeda? atau ada enggak kemungkinan terjad1i double counting? Lantas gak bisa tau juga ya jumlah pengunjung menurut gender?

    Lima negara utama pengunjung: Indonesia, United Kingdom, Norwegia, Malaysia, dan Amerika Serikat. Angka pastinya atau proporsi kenapa gak tampil?

    Atau…. Jumlah pengunjung menurut media, misal yg pake PC, laptop, HP, atau Warnet? hehe…..

    Lantas ……. angka ikut…angka ikut….?? hahahaha….

  6. @Mas bambang: Hasil pemantauan dhek amal aja dah bikin aku terpana, lha apalagi kalo sampai bisa lihat gender pengunjung. Mungkin lihat dari namanya aja kali ya. Yang jelas dari komputerku aku bisa lihat ada 1 pengunjung dari Inggris (mas Alifandi) dan 1 pengunjung dari belanda (mas Johny). he3

  7. Cak Bambang: matur nuwun, aku baru periksa lagi ternyata jumlah pengunjung salah total, seharusnya 6.065 seperti di atas. Maaf, sama sekali bukan upaya mark up sebelumnya, tetapi saya silap melihat statistik situs lain rupanya. πŸ™

    Angka 6.065 itu pengunjung unik (berbeda satu dengan yang lain) menurut Google Analytics (GA). Walaupun tentu bisa saja sebenarnya orang yang sama namun karena menggunakan dua komputer yang berbeda, sehingga tercatat alamat IP beda, dan dianggap unik satu terhadap yang lain.

    GA hanya mencacah secara anonim (non-identitas). Dengan mekanisme yang ada [saat ini], tidak mungkin diketahui identitas pengunjung. GA tidak ada kaitan sama sekali dengan administrasi internal situs blog ini. Dengan demikian informasi seperti gender tak dapat dicacah.

    Cacah negara pengunjung: ID (10.657), UK (743), NO (343), MY (122), US (99). Jadi terlihat Indonesia memang sangat dominan.

    Tidak ada informasi berdasarkan media, karena informasi tentang media yang digunakan tidak dapat digali dari informasi kedatangan pengunjung.

  8. @dhek ekoz: Hua ha…ha…ha…ha…. Yo mesti ngerti lah, kan emang Mas Anton Alifandi ada di Inggris dan mas Johny ada di Belanda. Kita semua juga pada tau dhek ekoz sekarang dah online dari solo gak dari balikpapan lagi. Dhek faiz dari waduk wadaslintang, dhek Ivan dari jakarta. Lha kalau beliau2 pindah tempat gak bilang2 ya aku gak tau lagi. he3.

  9. @Mbak Wiwid Ternyata Mbak Wiwid lebih canggih dibanding GA πŸ™‚

    @Cak Ekoz He..he.. kecelek bole pithik.. πŸ™‚

  10. @dhek rizal: lha iyo wong aku gaptek kok komentarku dipercoyo dhek ekoz. he3. berarti iki critane "wong gaptek iso mbujuki wong melek tekhnologi". hi3.

  11. @bude Triani, Cak Rijal, & Cak Amal: Hla… bisa tau enggak ya kalo user/pengunjung blog SMA1 brosing sambil ngapain & sama siapa? Misal, Anton di London sana brosing sambil garuk-garuk kepala botaknya atau Cak Ekoz lagi brosing sambil dikeroki ojob…..hehe…… Kalo bisa, canggih banget tuh!

  12. Cak Bambang… jazikkkkkkkkkkkk sik nyindir ae arek Pagah iki… ayo..ayo keluarin posting terbaru aja…he.he.he… kayaknya kalo program yang dimaksud Cak Bamban itu generasi paling kiwari dari Windows….. yaitu Windows MAPALAGA versi 2.1 ..maksudnya Windows yang diisi program bikinan Manusia Penggemar Alam Ghaib (MAPALAGA)..hua..ha..ha…

  13. @Dhek Ekoz: I am so sorry he3. @Mas Bambang, Dhek Ekoz, Rizal and all: Aku pernah lihat temenku waktu chating sama temen nya yang ada di china, temenku dan aku bisa lihat temen yang ada di china lagi aktivitas apa aja sambil chating. Tapi temen yang di china itu gak bisa lihat kita soalnya computer kita gak ada webcam nya. Mungkin kayak HP yang ada G3 gitu kali ya.

  14. @cak Ekoz: Windows MAPALAGA versi 2.1. bukan itu kayaknya artinya, yg bener ini neh: Manusia Pagah aLap-alap Gadis (MAPALAGA) versi 2.1. artinya: dapat 2 gadis & 1 janda huahahahahaha……..!

    @bude Triani: HP yang ada G3 apa 3G? 3G dong ya?? G3 ga ada tuh, seingatku yang ada G String hehe…he….

  15. Blogger disini mayoritas nrimo pake IE-nya microsoft, Dan. sing seneng ganti2 browser bisa dihitung jari, salah satunya aku. setelah lama pake Fox, nyoba SAFARI dan FLOCK. skrg malah pake MAXTHON. OPERA itu bagus utk donlot + koneksi bagus..

  16. Faiz dari dulu terkenal dengan Tryal and errornya… motor …dari Vespa,yamaha V8 sampek RX King.. musik…dari Mettalica sampek Alphaville… Istri..he..he..he…gak wanni komentar….

    oh iyo… jarene cak amal meh pasang iklan ndek sini..untuk memanfaatkan potensi jit yang lumayan gede..kok gak onok kabare yo..he..he..he

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *