1000 Jalan ke SMA 1

Salah satu kriteria memilih sekolah selain kualitas sekolah adalah lokasi sekolah. Sebelum memutuskan untuk memilih SMA 1 dulu, aku menimbang-nimbang masalah transport ke sekolah. Harus naik angkot atau cukup naik sepeda pancalku saja..(maklum gak punya sepeda motor). Dulu pertimbanganku, kalo milih SMA 2, bosen lewat jalan Jawa terus, soalnya SMPku di SMP 3.

Angkot alias Lin kujadikan transportasi utama untuk menempuh perjalanan ke SMA 1 tercinta dalam rangka menuntut ilmu bagi masa depanku (bahasane gak karuan yo…) meskipun kadang Lin kadang tidak bias diandalkan. Soalnya, kalo jam 6.10 baru nyanggong di pinggir jalan, pasti Lin udah pada penuh dan hasilnya telat masuk sekolah.

Untuk berangkat ke sekolah banyak cara yang biasa kulakukan. Karena rumah di Patrang (belakang kamar mayat RSUD dr Subandi), maka cara paling mudah, naik Lin dari pinggir kali Bedadung (Lin A,B,N atau O) atau bis Damri (A atau B) turun bilang turun di Gladak kembar (turunnya biasanya di Almarhum Bank Duta), terus jalan kaki lewat gladak kembar bersam teman-teman seperjuangan. Kalo males jalan kaki kadang naik Lin lagi atau nggandol bus Damri. Dengan metode ini kadang sampai jam 6.30 gak dapat Lin juga, yo telat rek wong masuknya jam 6.30 (pas kelas 2 dan 3, kelas 1 aku masuk siang jadi jarang telat), nah kalo telat biasanya aku lewat jalur alternative, naik Lin K, turun di Karimata deket Gunung Batu, terus jalan kaki sampai SMA 1 (asli kurang gawean tenan yo..). Harapannya sampai SMA 1 sekitar jam 8.00 pas jam istirahat pertama (soalnya bias langsung masuk kelas tanpa minta ijin ke guru jam pertama atau urusan asma guru BP). Paling-paling kalo gurunya kenal aku, beliau bilang, ‘Lo perasaan pas jam pelajaranku, kamu gak masuk ya Zal?’ he… he…

Yang lebih seru adalah perjuangan untuk pulang ke rumah. Jalan alternatifnya sangat banyak.

  1. Naik LIN ke arah Tawang Alun/Ajung terus turun di Al Huda, dari sini jalan alternatifnya juga banyak. Misalnya langsung naik lin A atau B (kalo B lewat Gebang), tapi kalo masih kurang seru, aku kadang naik Lin P, lewat Gebang Poreng terus turun di depan Rumah Sakit
  2. Jalan ke depan perhutani, terus naik lin K. Ini termasuk paling enak karena langsung ke Patrang , cuma nunggunya agak lama. Kalo sudah dapat Lin K enaknya tar di jalan Jawa, dapat pemandangan indah, cewek-cewek SMA 2 (he..he..)
  3. Jalan kaki ke Kantor Pos deket alun-alun, terus naik Lin/Bis ke Patrang. Waduh, ini bikin keringetan, dilakukan Cuma kalo lagi suntuk atau agak stress di sekolah, jadi sambil jalan sambil merenung (sok sakti tenan )
  4. Nah ini yang paling ekstrim, jalan kaki ke rumah. Biasanya lewat jalan Sumatera, jalan Kalimantan terus Mastrip, terus jalan sampai rumah di jalan Nanas. Wah ini dilakukan biasanya kalo lagi sangat stress atau untuk mbayar nadzar…misalnya kalo ulangan matematika dapat nilai bagus.. ya jalan kaki ke rumah. Biasanya sih sendirian, gak ada teman yang mau nemenin kalo yang ini (biasanya istrirahat sebentar di Sanggar Pramuka UNEJ, belakang PKM, ngobrol sama teman-teman pramuka di sana)

Banyak cerita yang kita alami selama naik angkutan umum pergi atau pulang sekolah. Bercanda dengan teman, bercerita tentang kejadian seharian di sekolah, PDKT sama cewek yang diincer, atau pake gayanya Cak Eko, ngakali kondektur bis biar gak usah bayar…

Tahun 91 atau 92, Gladak Kembar di perbaiki, jadi Bus Damri jurusan Pakusari mesti muter lewat jl Sumatera terus ke jl Kalimantan, Mastrip, Sudirman… ini menyenangkan buatku, jadi tinggal jalan ke lampu merah Mastrip, sampai deh ke SMA 1… Memang masa-masa di SMA 1 sungguh menyenangkan, sampai perjalanan menuju kesana meninggalkan kesan yang dalam.

22 thoughts on “1000 Jalan ke SMA 1”

  1. Setelah melihat testimoni Rizal pada postingan kali ini..maka aku akhirnya harus-harus bisa maklum ..kalo kadang-kadang Rizal ini OOT…..kadang ngleyeng gak karu-karuan….Lha menentukan arah mau ke SMA 1 dan untuk pulang ke Jl.Nanas aja lha kok ndadak ..OOT (ojong-ojongnya Takkaroan kanak)…. alih-alih melalui Jalan yang Benar..alias Sirothol Mustaqim?…salah..salah…gak mungkin onok jalan lurus-lurus rus…dari Pathtrank ke Bon Sari..he..he..he..

    lHa arep ndek SMA siji ..lha kok ndadak tekan Gebang Poreng lho…laopo awakmu gak lewat arjasa-kalisat-mayang-sukorejo-bar kemudian Kebonsari (SMA siji??)…. opo pengen heroik maneh….sokok Patrang-Arjasa-Bondowoso-Situbondo-Asembagus-Wongsorejo-Banyuwangi-Rogojampi-Genteng-Glenmore- kalibaru-Mrawan-Sempolan-Mayang-Sukorejo-baru ke SMA siji?..hua..ha..ha berankate 1a hari sebelumnya..alias arep mlebu senin..berangkate Minggu awan..he..he..he

    lho awakmu yen stess pirong dino sepisan Zal?… he..he..he..he

    tapi ceritone Rizal..iki jan inspiratif tenan…. isok ditiru…. Engkuk sore yen arep mulih Jogja pakek jalur alternatif ah…. Slamet Riyadi Solo – Purwosari – Kartosuro – Boyolali- Solotigo- bawen-ambarawa- kopi eva -secang – magelang – muntilan – salaman – tempel- sleman – nJombor – ringrod jogja -prapatan Kenthungan – sawitsari B-3…hua..ha..ha… isok-isok aku digowo nang Pakem..he..he..he

    PS.. Dino iki asyiik ada 2 posting dari Bandung…kompak nyak? hawanya ulah hareudang ???…opo maneh iki…

  2. Membaca posting Rizal, yang langsung terpikir olehku adalah mengambil kertas kosong dan bolpoin. Sambil membaca, aku mencoba menggambarkan rute yang tertulis di posting..

    Wuahhh, mumet tenan, Cak. Makanya, bener kata Ekos, kalau kita harus semakin meperbesar permakluman kita atas ke-OOT-an Rizal. Mengingat perjuangannya saat menyelesaikan pendidikan SMA-nya dulu yang begitu heroik tetapi juga berdampak traumatik yang mendalam..

    O..alah, Le.. Le.. Tak dungakno ndhang mari OOT-mu yo .. Pangestune wong tuwa muga-muga diijabahi karo Gusti Kang Murbahing Dumadi.. 🙂

  3. hahahaha…… Sevi dan keluarga mendoakan semoga dik Rizal cepat diberikan kesembuhan dari virus OOT yang sudah kronis dan metastase (menjalar) ke seluruh anggota blog ini. Amin. Rizaaaaaaaaaaalll……………… muga-muga lek kowe mulih teko kantor gak sampek nyasar ndik Sidoarjo yo le…aku isok panik lek ketekan awakmu :-))

  4. Waduh.. kesane aku parah banget edane…. ini cuma usahaku menghilangkan kejenuhan menjalani rute yang sama selama sekolah………soalnya dengan lewat jalan yang berbeda, pasti ada pengalaman yang berbeda yang bisa kudapat. Contohnya kalo lewat jalan Jawa, naik lin K, lumayan dapat teman duduk cewek-cewek SMA2. Kalo lewat Gebang poreng, dapat pemandangan cewek-cewek MAN 2 atau SMKK yang deket Stadion 🙂 Tapi maturuwun buat doa-doanya, semoga diriku ditunjukkan jalan yang lurus olehNYA .. amin.

  5. jenenge usaha ya zal…dadi karo ojob-mu ndisik ketemu nang dalan opo? lagi numpak lin opo?

  6. Lek teko Pagah Utd. neng SMA siji yo iso liwat kali Bedadung. Enak, biyen iso ketemu nyambik, ulo ijo, ulo sowo, ulo tampar, kadal, garangan, bringsang, yuyu, wongh adus uuuuaaakkkeeeeehhhh……. siiiip pokoke. & pokoke risiko ditanggung dewe…………

  7. For Rizal…. Doaku menyertai kesembuhanmu dik… hua….ha…ha…ha….ha….

  8. @Cak Fikik terima kasih atas dukungannya pada diriku yang hina-dina ini. Kalo ojob dapetnya di kampus, di Bandung Cak. Tapi sebagai usaha, dulu pernah nggodak konco sekelas sing omahe Jubung, dadi nek numpak Bus Damri, gak mudun Al Huda, tapi terus ngancani sampe Jubung & aku mudun Tawang Alun. Nah soko Tawang Alun, baru aku numpak bus op lin sing ke Patrang. (Nek dipikir-pikir saiki, ngopo aku sampek koyok ngono yo.. opo emang stres nemen pas sik SMA 🙂 .. bingung aku…)

  9. lho Replyanku onok sing gak muntjul…… For Cak Bambang the Pagah man…. yen nelusuri kali soko Pagah sampek Twente Brugge (gladak kembar) yok niati yo…nontoki wong adus iku..hua..ha..ha… sik-sik…sampeyan tahu ketemu sawijine guru SMA siji gak? sing kayak pelangi iku lho..hua..ha..ha.. jiannnnnnn…meller arek iki pancenan….

    For Dhek Pendi…eh…Dher Izal… brarti saat sir-siran di Bandung…sama cah Semarang iku…pas liburan sampiyan terno sampek Jatingaleh opo nJraka yo????…..heroic guy

  10. He…rek…! Rizal muter2 ngono iku, mesthi duwe tujuan. Sing penting tujuane apik…. Lak ngono tho…..!. Koyo Ekoz, ndisik berangkate soko Gebang lewat dalan iku2 ae, yo soale ono sing dituju, sopo ngerti ketemu….meski akhire mung iso nyawang wae….. huahaha….!!!

  11. Arik.. iki GM ceria..metu sokok alas….ngece koncone..jiannnnnn….. tapi gak popo Zal…si Ariek iki yok podo ae… wanine nyanggong ngarep omah…sopo ngerti arek 89 lewat ngarep gang terus bablas jalan Melati Gg.piro?… hua..ha..ha..ja

  12. weh..weh..weh.. topike kok nyambung nang PPR tho iki ? Wah.. ra sah reuni wae po ? gaswat nek dho bukak-2 arsip lawas.. 🙂

  13. @Rizal sori baru baca postinganmu dhek Rizal, ternyata dari jaman SMA sampeyan wis 'ngelakoni' yo…. tapi gak sampek muterin tiang dulu sebelum jalan spt pak Singgih (guru Biologi) dulu kan?… 🙂

    @Faiz nek arsip lawas e wedi ketemon, nek reuni gak usah ngajak anak bojo is… hehe

  14. @ Cak Rizal: Enet oleh ojob neng Bandung opo Bedadung diplesetno??? hahaha….. Be'e oleh wong pinggir Bedadung pas lagi adus. Sampeyan inceng terus kepergok bapake…..huahahahahahaaa…….. PALANG!!!

  15. mengharu biru banget usahamu, Zal… Paling tidak yo cukup melu seneng…Gebang di lewati..yo gak Koz, meski sesuke nek jare ekoz malah mblobor tekan bondowoso, situbondo hehehe…lucu banget

    Tapi kurasa dengan doa sevi sekeluarga dan teman-teman yang lain buktine lak awakmu wis waras to Zal??? atau masih ada sisa-sisanya??? hehehe

    Ayo bu dokter, tolong di check lengkap!

  16. @Mbak Ika Gak cuman biru wae , Mbak.. nek panas-banget yo sampek abang ireng, ditambah gobyos mergo keringet… (he..he..maksude opo iki yo)

    @Cak Afthon Iku gak dalam rangka nglakoni kok Cak.. (nek masalah nglakoni kapan-kapan wae critone he..he..). Cuma kebiasaanku kalo aku dapat sesuatu yang menurutku besar, aku melakukan ssesuatu yang agak aneh. Contone.. pas SMP aku mlebu 3 besar ning kelas, bar terimo rapot aku mlaku mundur soko SMP 3 ke rumah. Pernah juga jalan kaki dari SMP 3 ke Glantangan. Bentuk penyaluran energi yang berlebih 🙂

    @Cak Bambang Olehe gak ning Bedadung tapi Bebandung (mekso banget)… wah ternyata sampeyan milih omah ning Pagah cek gampang nginceng wong adus.. (he..he.. kok balik nuduh, gak sopan tenan 🙂 )

    Sopo meneh sing arep dijawab maneh.. wis gak onok ding…

  17. Rizal, kalau gitu sampeyan dapatnya setelah menyusuri sungai cikapundung ya, atau dari Maribaya, lek ngak yo dayeuh kolot.. HEHEHE.

  18. Iya mas, aku juga ngerasain suka duka klo lagi berangkat atau pulang. klo zamanku(2003) lin sekarang dah pada jual mahal klo ngankut pelajar.maklum bayarannya murah. tapi pastinya, kenangan itu jadi masa indah yang gak mudah di lupakan, di kota jember tercinta. kota yang penuh kejutan.

  19. Ngga opo opo dik. Aku omahe ngarep gang sma 1, belakang samsat, perumahan LP (sekarang Lapas)jember. Aku lek muleh numpak bis opo lin E nang tawang alun lalu mbalik maneh mulihe karo bis E. Tujuane Kepingin numpak bis.

Leave a Reply