This Used to be My Playground…

Sebenarnya iki tulisan rodo kasep pisan..(sakdurunge dikomentari hehehe)..Lebaran 2007 kemarin, anak-anakku ngajak main ke sungai.. sudah beberapa kali saya menyampaikan kalau rumah Kakek & Nenek dekat sungai. Saya menjanjikan dua atau tiga hari kemudian dengan catatan mereka bisa bangun pagi.. 

Hari yang dinantikan tiba, seingat saya Sabtu. Pagi-pagi kami berangkat dari rumah menyeberang jalan Moh Seruji terus ke arah bagian belakang Diploma (?) ke kali Bedadung. Sudah lama sekali saya tidak main kesana.. mungkin sekitar 20 an tahun. Jalan menurun sedikit curam. Dulu sewaktu aku SMP dan SMA masih sering main ke seorang sahabat yang kini telah tiada. Dulu kalau main petasan di jalan-jalan sering dimaki orang, maka kamipun mainnya di kali Bedadung ini. Dulu jarak antara bibir sungai dan rumah lumayan jauh, sekarang .. sudah dekat sekali. Bukan karena sungainya semakin lebar, tetapi karena orangnya sudah semakin banyak.. 

Begitu tiba ditempat..yak ampuuun !!..aku lupa.. sudah terlalu lama memang tidak pernah kesini… jam-jam gini ini khan waktunya orang lagi mandi.. banyak cewek-cewek, ibu-ibu, cowok-cowok, bapak-bapak.. semua orang dah ada disini.. kayak permen Nano Nano  aja, ramai rasanya…  diantara batu-batu besar dan kecil.. aku jadi malu sendiri..he..he..he.. maklum sudah lama gak mandi di kali..sudah lama gak main di kali..  

Akhirnya kami mbalik kucing..pulang lagi.. menunggu agak siangan.. kira-kira jam 10 kami sudah tiba ditempat semula.. masih ada orang-orang mandi tetapi tidak sebanyak pagi tadi..

Anak-anakku senang banget bisa mandi dikali.. pengalaman pertama yang sangat mengasyikkan.. kasian ya anak-anakku ini.. mau mandi dan main di kali aja nunggu diajak pulang kampung dulu.. sewaktu aku masih kecil,  dulu kalo mau main ke kali ya tinggal berangkat.. kalo gak ke kali Bedadung ya yang di daerah belakang rumah.. gak tau namanya, tapi kalau dari arah Patrang ke arah Tebek.. gak terlalu jauh dari RS dr Soebandi.. 

Atau kalau pas ke rumah kakek & nenek di Yosowilangun, Lumajang, kami sering main-main di kali Bondoyudho yang hanya sepelemparan batu dari  rumah.. main gedebog pisang.. cuman heran aja dulu, kalo dinaikin koq tenggelam juga tuh.. gak kayak di filem-filem..hahaha..Kalo jaman dulu siapa sich yang gak pernah mandi di kali..?  Bisa dibilang itu tempat bermain alternatif selain di halaman rumah (dan halaman rumah tetangga).. 

This used to be my playground This used to be my childhood dream This used to be the place I ran to Whenever I was in need of a friend Why did it have to end And why do they always say

Don’t look back Keep your head held high Don’t ask them why Because life is short And before you know You’re feeling old And your heart is breaking Don’t hold on to the past Well that’s too much to ask….(Madonna:  This Used to be My Playground – OST A League of  Their Own)

21 thoughts on “This Used to be My Playground…”

  1. Sungai..alias Kali….. jaman kolobendu…arek-arek dan warga Jl.Hassanudin alias nGebang Kemundung kalok mandi lebih suka di beberapa sumber air yang terdapat sepanjang kali etan omah…kali ini nantinya akan bermuara ke K Jompo..sumbernya besar dengan air yang sangat jernih menyegarkan…sumbernya ini seakan tiada habisnya ..gak kenal musim hujan dan kemaraupun…air tersedia begitu melimpah… aku ingat betul…jika kemarau berlangsung lama…dan daerah downtown jember mengalami kurang air…maka pada sore hari mulai jam 3 akan berduyun-duyun para rahajat dari Kampung Tengah, Kampung Ledok,Kopian,Kas-kasan..bahkan sampek arek Tempean menumpang mandi di sumber-sumber air di daerah kita…. Namun pasca ditebangnya Pohon Trembesi raksasa (karena motif ekonomi pemilik pohon) maka alampun murka…lambat laun sumber air mulai mengecil …tak dapat lagi membagikan air secara meruah pada rahajat yang bertandang untuk mandi…sejak itu (aku dah SMA) tak lagi ada pemandangan exodus para rahajat daerah downtown ke daerahku (uptown)..

    pada saat aku SD-SMP ..sungai itu punya lebar 2 meteran…dan banyak ikan yang menghuni itu sungai…mulai iwak klemar,iwak berkong,iwak melem, iwak lele, ada disana…kita senang betul kalo pas mancing dan kail disergap….asyik sekali walaupun jika berangkat ba'da shubuh sampek Ashar yang didapat gak lebih lima ikan…tapi mancing dikerindangan rumpun bambu adalah keriangan tiada tara…

    kali kecil di Ngebang Kemundung itu akhirnya benar menjadi playground kita…. kalo kita penegen bal-balan mesti cari sawah yang abis panen di dekat bantaran sungai ..supaya gampang untuk mandi dan menyegarkan badan….

    Itu ingatanku tentang Kali sebagai playground (diluar maen di kali besar kayak Letter S,Letter Y dan Klopo Siji…kalo yang ini tempat uji nyali berenang)

  2. Ralat…..tertulis

    '…. jika berangkat ba’da shubuh sampek Ashar yang didapat gak lebih lima ikan……

    yang benar '…. jika berangkat ba’da Dzuhur sampek Ashar yang didapat gak lebih lima ikan……

    he..he..he. sorry lagek nglamun saat nutul Enter "submit comment"….

  3. Mandi di kali ? Mikir-2 banget kalau mau mandi di kali. Kali yang terdekat di Talangsari adalah Kali Jompo dan Kali Bedadung. Di tahun 80-an, tahu sendiri lah kayak apa warna air di Kali Jompo dan Bedadung. Mungkin di daerah ngGebang atau Pagah, masih cukup baik untuk MCK. Tapi di Zona Pasar Tanjung ngidul, Kali Jompo sudah dikepung oleh lingkungan yang padat penduduknya, sehingga buangan limbah domestik sudah cukup banyak.

    Saat SD, aku sering diajak mbrasak-mbrasak ke pinggir kali oleh teman-2 yang tinggal di Gang Panili. Nyari ikan di rumpon-2 atau cari lempung kuning di tepi kali untuk prakarya, atau sekedar jalan-jalan turut kali. Menyenangkan sekali.. Sama dengan Ekoz, iwak klemar,berkong,iwak melem, lele dan mujair adalah jenis yang umum diperoleh. Setelah setengah harian jalan-2, biasanya pulang dengan kulit gosong.. gak masalah dengan panas, sing penting puas..

    Kalau Kali Jompo, yang punya cerita adalah Okik (MA Faroqi). Saat kelas 1 SMA, dia dengan beberapa teman main ke Kali bedadung. Entah bagaimana ceritanya, dia sampai hanyut. Tapi untunglah masih selamat. Dia sempat gak masuk sekolah beberapa hari dan disambangi oleh Jeng Hesti, Jeng Retno, Jeng Henny dkk.. ( Inget, Hes..?)

    Nggak pati seru pengalamannya.. soale wedi nek keli.. hiiii…

  4. kali bedadung emang banyak kenangannya mas, dulu jaman saya kecil di jubung kali bedadung adalah tempat melepas dahaga setelah bermain layangan. pernah suatu hari saya mandi di kali bedadung nah pas enak2nya berendam saya gak ngeliat ada kotoran kerbau yang mengarah ke arah muka saya dan cepreeetttttt…..strike out langsung ke muka saya wuihh..kalo ingat baunya gak karuan hiii…jijik mas ueekkk..pengen muntah tapi gak iso sangkeng mambune. tapi mandi di kali emang bikin addicted bikin adrenalin naik pas maen salto2an

  5. Masih kecil sampai klas 4 SD rumahku di tepi kali Bedadung. Pelataran sungai adalah tempat main paling favoritku. Tahu sendiri kan, kali Bedadung tuh jeru banget, jadi di lereng sungai masih banyak rumpun2 bambu yang lebat, ada lapangan kasti, masih ada ruang berbatu kali di tepi sungai. Banyak hal yang sering kulakukan di pinggiran kali maupun di kalinya sendiri. Di lapangan tepi sungai aku biasa main kasti, benteng2an, jumpritan, gobak sodor kadang pertandingan voli antar RT yo di situ juga. Kalau di sungainya biasane mandi karo konco2, slulup, atau sekedar duduk2 di batu yang besar2 dan ngrendem sikil ben dicokoti iwak jibut..keri keri piye ngono. Wah pokoke lek cerita di sungai gak ada sing ngalahno pemandangan kali Bedadung di dekat rumahku. Paling top! Tapi lek saiki anakku minta main ke sungai sepertine mesti mikir2 maneh, lha kondisi air sungainya sepertinya sudah agak 'serem' gitu. @Ivan Anakku lek lebaran mesti di ajak ke Yosowilangun sama mas Farid. Wah senenge gak jamak, lek iso main di sawah dan sungai kecil (parit). Dan acara ke Yosowilangun, selalu yang dinantikan oleh anak2ku kalau lebaran tiba. Baru sampai di Jember mesti tanya, "Pi, kapan ke Lumajang dan main ke sawah dan sungai?" Anakmu sekali2 mbok ikut po'o ben iso kenal karo anakku sing mbethik2 hehehe..

  6. Wah, sak durunge tak 'publish' mau koyok e tak delok wis bener kabeh.. koq lagune gandeng-gandeng ngono..kurang ricek.. sori semua.. kudune ngene :

    This used to be my playground This used to be my childhood dream This used to be the place I ran to Whenever I was in need of a friend Why did it have to end And why do they always say

    Don't look back Keep your head held high Don't ask them why Because life is short And before you know You're feeling old And your heart is breaking Don't hold on to the past Well that's too much to ask….

  7. @Sevi..

    Lebaran wingi khan awakmu gak mulih? Lagian anak-anakku rodo nyethet karo mbok e.. gak iso pisah.. maklum gak duwe pembantu..he..he

  8. Sungai BEDADUNG, sayang banget aku gak pernah merasakan airnya. Cuman sliwar-sliwer lewat sambil melirik-lirik yang lagi mandi & cuci baju. Tapi kalo ada cowok mandi, waduh, tutup mata rapat2 takut timbilen. he3 Kalo BANDUNGPERMAI, pernah survey kesitu waktu cari tempat tuk resepsi pernikahan (tapi akhirnya lebih milih di Rumah makan deket alun2) dan beberapa kali nginep situ (yo mesti karo misua rek). Wah tapi gak nyambung ya sory kok jadi OOT. Meski aku wong ndeso keso-keso, tapi bener2 iri dan dengki kalo lihat temen2 bisa sesuka hati mandi di kali. Aku hanya boleh ke kali kalo ada pengawal, soalnya 'kali baru' di desaku besar banget, seringkali tiba2 air membesar dan tak jarang ada buayanya. hi……… Kadang2 aku curi2 waktu mandi di kali kecil, tapi pasti ketahuan ada yang nglaporin ke ibukku. Jadinya seringkali dengan wajah memelas hanya lihat aja ditepi sungai. Alhasil sampai sekarang aku kalo renang hanya bisa gaya batu aja. he3

  9. Waduuh, Ivan nulis Kali Bedadung, rek….! Iki dolananku mulai cilik. Lha wong, kaline neng burine omah. Mulai SD di Kepatihan 3, bareng karo Haris Hermawan(B3,88), Tatok Widianto (B4,88), Heru Sukotjo (F3 ?,88), Ary Hendra Gunawan (F?,88). Btw, ati2 lho…. nek sempat keleleken banyu bedadung, suatu saat iso mbalik Jember maneh…!He..he..he….

  10. @eko Mandi di kali jompo, itu cuma gebang darwo (kemendungan). Kalau wilayah kas-kasan, ngak lah. Kas-kasan khan di tengah kota metropolitan dan jauh dari kali jompo.

  11. @Arik…. setuju rik…wis terbukti mbiyen…bojomu kan juga pernah mbok jak dolan kali mBedadung cedhek kos Jl.Kalimantan kan?..pantes krasan ndek Jember..he..he..he..he

    @ Egah… kalo strike outnya karo taek kebo..waduh…manstab benar itu..he..he..he

    @ Cak Surya Arek kas-kasan pancen gak adus nduk Kali Jompo…tapi ndek kali Gebang sing sebelah etannya Jl.Hassanudin utowo Jl Bungur sekarang… arek Ngebang Darwo juga mandi di Kali Jompo…tapi yang di daerah hulu..kayak Letter S,Letter Y dan Klopo Siji…yang lebih deket ke arah Stadion Notohadinegoro itu..airnya masih bersih..gak khawatir kenak Strike out ama Ninja..eh salah strike out Tinja..hueks..hueks..hueks….

    @ Faiz… onok opo dengan koneksimu?…2 kali kirim Blank Comment?….saatnya beralih ke Flazh.. my man…

    @Sevi and Ivan… iyo yoh..panjenengan berdua ini masih nak-sanak kadang alias TRD..Taretan Dhibik…he..he..he

    For all… Hasta La Victoria Siempre !!!!!

  12. @Cak Eko kali wetan gebang kemundungan, lak cilik banget kayak "got". Jangan2 kamu mandi di got. hehehehe

    Omdhe lagi sibuk punya usaha baru; panti pijat dan jualan rujak cingur.

  13. @Egah, ha..ha..kudu ngguyu aku kena 'strike out' nang rai maneh.. lha wong nek ndisik bal balan nang lapangan ono telek sapi ae wis pencolotan gak karo-karoan ben gak kenek sikil.. iki malah nang rai..ha..ha

  14. @Cak Surya jaman dulu lebare 2 meter lho cak…. tapi kita gak mandi di kaline…. tapi di sumber air yang ada di tepi sungai itu..bahkan do di tembok permanen lho…. yo tempat adus …yo tempat umbah-umbah…. airnya juernihhhhh bianget…air sumur kas-kasan sih lewat…hua..ha..ha….

    iyo yo…si Omdhe..beberapa saat ini wis gak tau komentar…lagek Topo be'e….

  15. @Mbak wiwid Kok mlayu ning Bandung Permai, perasaan Hotel iku adoh soko kali? @Egah Jubungmu endi? opo ning perumahan Kodim? Nek keno tai kebo ning rai.. wah mesti mandi air kembang iku.. 🙂

    Enaknya punya rumah di Patrang (kayak aku dan Mas Ivan) didekat rumah ada 3 sungai buat slulup atau golek iwak. Pertama sungai kecil di barat perumahan kami, jenenge gak ngeri, tapi kali ini nanti ngalirnya lewat pinggir jalan Sudirman (Pagah). Dulu ini tempatku ngracun iwak (motas iwak).. 🙂 Kedua, kita nyebutnya Kali Kulon (soalnya ning kulon omah, deket Tepbek), nantinya ini jadi Kali Jompo… nggonku latihan renang gaya kali… sudah berliter-liter air kali ini masuk ke mulutku gara-gara kelelep…tapi sekarang perasaan debet airnya mengecil Ketiga, Kali Bedadung, wetan omah.. koyoke ndak usah cerito nek kali sing iki… Beberapa kali aku nyaris tewas tenggelam ning kali iki…Tapi begitu aku bisa renang semua tempat yang dulu aku pernah klelep tak sambangi lagi..he..he..

  16. @Mbak wiwid… Setuju.. sesama OOT-er dilarang mendahului he..he..

    Ohya Kali kulon, di persawahane nggonku kolek keong.. jaman iku sih biasane di godok nggo temu kunci & garam, terus mmakan langsung… Berdasarkan pengalaman iku, dadine melihat potensi keong yang sangat besar di balong (kolam iwak) sekitar kosanku, akhirnya selama kuliah keong dadi makanan alternatif.. Anakku ternyata juga doyan keong emas. Di Bandung, orang nyebutnya Tutut, biasa dijual plastikan 2000-3000 per-plastik..

    Kok..ngomong keong maneh sih?….

  17. @ Rizal Masi klelegen banyu kali, tapi nek klelegen pas posoan, tetep suegerr yo Zal..

  18. ojok-ojok Rizal iki dadi OOT mergo kakehan kleleken banyu kali karo makan keong emas. Soale Rizal iki sawangane pertama ngomonge genah di jalan yang lurus, gak krasa tibake mburi-mburine mesti OOT.

  19. @ Cak Faiz.. Kelelegen banyu pas adus kali nek pas poso, asal gak sengojo kan gak opo-opo… Masalahe pertama gak disengojo, kedua dinikmati, ketiga disyukuri, keempat direncanakan, kelima..yo batal juga posone..

    @Mbak Sevi (Nggaya, ngundange Mbak he..)..Aku mencoba tetep konsisten dan tampil apa adanya, adanya OOT ya tetep OOT….

  20. Oya, mesti anak sma 1 jbr.wajib hukumnya cek kecek di kali bedadung itu pengenalan wawasan lingkungan buat siswa baru kayak aku dulu. sampe minum 1 gelas pasti and sopasti sukses dijamin masadepannya. Oke salam buat rek arek alumni sma 1 jember th.1980, Bravo ikas'80 : mas poer dan mbak yani, mas bagyo,mas wied,faishol walisongo, farid,thomas,mas agus mataliu,sanaji,lukito, yusuf,burhan,kolonel totok kluwek,gun adike pak Jalal,mas didiek n.a.mas dibyo dikes,cak ateng jl.mlati, yoopo ruja'an maneh tah di kali bedadung Dan co konco yang lainnya. Suwun……

Leave a Reply