Stop Press.. Internetan Murah ???

Posting ini saya kutip dari Saudara DANNY WP di alumnismusa.com.

Disaat pemerintah memaksa kita untuk berhemat segalanya, rasanya tips berikut ini akan berguna bagi kita, terutama buat yang suka onlen sampai berjam-jam bahkan sampai masuk kategori kecanduan alias addict..

Postingnya sebagai berikut :

”  Apakah Anda termasuk orang yang menggunakan internet dengan pentarifan volume based (tarif dihitung berdasarkan jumlah data yang didownload atau diupload) ???

Saya juga menggunakan internet dengan tarif volume based. Karena menggunakan produk IM3 dengan Rp. 1/kb nya.. tentunya terasa mahal sekali untuk browsing, karena sebuah halaman web saat ini ukurannya cukup besar, apalagi yang banyak gambar-gambarnya.

Biasanya menggunakan OperaMini di Handphone bisa murah sekali penggunaannya, kenapa bisa demikian, karena sebenarnya saat kita membuka misal www.alumnismusa.com halaman web dari OperaMini kita tidak benar-benar mengaksesnya secara langsung. OperaMini merequest pada gateway/server yang disediakan Opera. Kemudian gateway/server tersebut mengambil halaman yang diinginkan dari www.alumnismusa.com, melakukan kompresi sehingga ukurannya kecil dan tampilannya sesuai dengan layar handphone kemudian mengirimkan ke OperaMini. Selanjutnya Opera mini akan menampilkannya di layar handphone kita.

Tapi bagaimana jika kita meng-connect-kan handphone ke komputer menjadi modem untuk mengakses komputer. Halaman yang kita ketik akan langsung direquest dari tempat asalnya dan akan langsung ditampilkan di layar komputer kita dengan ukuran yang besar tentunya. Apakah bisa kita mendapatkan fitur seperti di Opera Mini? Ternyata bisa, setelah coba-coba, ternyata google menyediakan fitur ini. Anda dapat mengakses situs dengan mode Hemat..

Caranya dengan menggunakan url http://www.google.com/gwt/n?u=http%3A%2F%2F[alamat yang dituju] Contoh untuk mengakses www.alumnismusa.com http://www.google.com/gwt/n?u=http%3A%2F%2Fwww.alumnismusa.com Untuk search engine Google mode hemat http://www.google.com/m Tampilannya memang agak tidak sedap di mata:-) Tapi dijamin hemat…  “

Nah, saya sudah mencoba. dan ternyata benar bahwa browsing menjadi lebih cepat karena banyak data yang dipangkas.  Tampilan memang jadi kurang nyaman, tapi bukankah ” Internet adalah kata-kata  ujar Cak Amal (nek aku ra kleru..)

Apa yang anda lakukan dengan cara diatas akan membantu mengurangi kepadatan bandwith, yang di Indonesia  masih terbilang payah. Bandwith akan lebih longgar sehingga bisa dimanfaatkan oleh mereka yang benar-2 perlu bandwith lega untuk menuntaskan pekerjaannya.

Disamping itu akan menghemat ongkos internetan kita, yang bisa dicelengi untuk bayar tagihan listrik April nanti, dimana mungkin akan banyak diantara kita yang  akan kena denda lantaran melampaui batasan 80% pemakaian listrik dari PLN.

Jadi Tunggu apa Lagi ?

( Big Thanks to DANNY WP, Come out and Play with Us here..)

14 thoughts on “Stop Press.. Internetan Murah ???”

  1. Nggak po-po, Cak. Pasale ono simbol TM, dadine nek salah yo perlu dikoreksi.. ngurmati HAKI, tho..

  2. Matur nuwun… tipsnya. Entar tak jajalnya. Kebetulan aku sering pake model spt itu ( HP tak jadiin modem). Walaupun utk menghemat aku sudah disable (di IE)fasilitas picture, sound, animations etc. Kenyataannya yo isih lumayan banter nyedot pulsane… minimal nggo ukuranku.

  3. aku gak mudeng rek (geleng2..) Cuma lek tagihane speedy melebihi basis waktunya, trus mbayare akeh, paling ojobku nggremeng…

  4. Bener Iz… Aku udah test tadi dari jam 23.15 sampe saiki jam 00.50 make IM3 pulsa ku berkurang ga sampe 4000. Hatur Nuhun kang !

  5. Aku belum sempet nyoba, soale selama jam kantor, internetan bebas… (asal tahu diri khan Mbak Wiwid.. setuju). Nek gak ning kantor (di rumah) paling pake telkomnet instan yang sangat menyedihkan hati dan menguji kesabaran… Kalo diluar rumah, gak dikantor, kalo hasrat ingin membuka blog ini terasa menggebu tiada tertahankan, pake GPRS di hpku, sekedar melihat halaman depan, dan mengintip adakh komentar baru sing OOT yang akan emnghibur hatiku… (weleh..weleh… bahasane menyedihkan banget…)

    @Cak Adib Bahasa sundone wis fasih durung, lamun urang tiyasana saethik-saethik… litle-litle sih I can…

  6. @Rizal Kalo bahasa "panci" mah kumaha engke wae, yang penting nekad ! minimal kalo beli somay bisa imbuh "penthol" satu..

    Di Jakarnong sini Baksone ga pake "penthol", tapi pake "baso"… mbingungi pancen wong mbetawi ki. Moso jarene "Jember" kita tercinta ini, lho kok nang kene malah diarani kemproh…. sungguh terlalu!

  7. kosa kata khas blog ini semangkin ajaib….

    1. Anyot-nyot……cak afthon
    2. Alekser dan Aliut ….Cak Sudjak
    3. Sak ndayak Koprak ….Rizal 4.Jakarnong al penthol …adib..

    he..he..he….

  8. kita berdoa semua.. semoga di semua tempat segera dibangun hotspot..gratisan…

    mangkane rek… nek komen ojok dowo dowo kesuwen mocone saaken sing lewat warnet utowo hape…modiarrr..

    wekekekeke…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *