JEMBER FASHION CARNAVAL

August 6th, 2007 by Rizal Leave a reply »

Gak sengaja pagi tadi nonton berita di TV7. Eh ndilalah ada kabar tentang Jember Fashion Carnaval yang diadakan tanggal 5 Agustus 2007.  Nggaya banget Rek… katanya tahun depan mo diproyeksikan untuk kegiatan nasional bahkan internasional. Dan tahun ini ternyata sudah masuk tahun ke-6. Kok aku baru ngerti yo….  Tapi nek tak eling-eling tahun kemarin aku juga sempat dengar berita itu tentang JFC, cuma tak pikir bukan acara tahunan.

Tahun ini JFC mengambil tema “Save Our World” ynag berorientasi pada trend dunia: Human, Vegetal, Mineral dan Imagination. Dengan konsep 4 E ( Education, Entertaintment, Exhibiton dan Economic Benefit ) sekitar 450 peserta terdiri dari pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum mendapatkan in house training cuma-cuma yang meliputi Fashion Runway, Fashion Dance, Dance, Singing, Fashion Trend, Make-Up & Hair Style, Basic Fashion Design, Accessories, Presenter, Majorette dan Event Organizer. Keunikan JFC adalah: 1.Peserta ( bukan designer, bukan model, bukan dancer ) merancang dan memperagakan sendiri kostumnya.

Hebat khan mbak. Cak.. (Maap, informasi ini untuk alumni yang gak di Jember lagi, kalo yang masih di Jember mestinya tahu acara ini.). Coba aku ngerti dan sempet ke Jember, wah kebayang rame dan panasnya he..he.. lha wong karnaval biasa sing tradisional wae biasane ning Jember ramene koyo ngono, opo maneh karnaval unik koyo JFC.

Dan hebatnya ada visi luar biasa dari pihak penyelenggara (yang asli nirlaba.. gak mikiri untung rugi) pengene menjadikan Jember sebagai “The World Fashion Carnival” City. Wah iso nyaingi Parade Bunga Mawar di Pasadena, utowo karnaval di Rio de Janero , Brazil. Kebayang kutho Jember sing terpencil ning pelososk Jawa Timur duwe kegiatan sing mendunia, kalo bisa meng-akherat ..he.he.. (maksud..lho).

Pokok salut pisan, hebat euy, top markotop, goodmarsogood…. Semoga tercapai cita-citanya dan selalu dalam lindungan Yang Maha Kuasa..(lho kok)

website resmi. http://jemberfashioncarnaval.com 

Advertisement

7 comments

  1. Ivan says:

    Ndik kompas (www.kompas.co.id) dino iki yo onok koq. Pantesan beberapa waktu yang lalu aku lihat iklan di Kompas tentang semacam "Visit jember Month" dengan segala acaranya untuk bulan Agustus. Juga pernah di TV beberapa kali..

  2. ekoz-guevara says:

    emang laur biasa zal….harus diakui di Dynand fariz (Alumni SMAN 1 Jember juga) bisa menerobos celah modernitas dan toleransi yang besardari majoritas masyarakat dan Birokrat Jember…kan stereotype bagi orang tapal kuda (termasuk jember) adalah golongan muslim puritan nyang gampang menghakimi kreativitas dengan dalil agama…padahal sebagian besar masyarakatnya akan sangat apreciated jika seni itu dikemas meriah tapi gak secara vulgar mempertotonkan aurat kayak penari-penari samba pada Carnaval de Rio…

    tapi bagiku yang tetep akan selalu dikenang adalah Gerak jalan Tradisional Tanggul-Jember (Tajemtra)…disitu berbaur antar uji mental…rasa setia kawan…dan perjuangan secara fisik….kalok jalan saat TAJEM dan mo finish..perasaan kayak pejuang Indonesia yang marching on saat penaklukan kota Jogjakarta….heroik gitu lho…aku ikut 4 kali (1 kali dengan SMP2 + 2 kali dengan Wanataru+ 1 kali dengan Mornank Clan van nGebang Kemoendong)…sampeyan ping piro?….

  3. Rizal says:

    Aku ping loro melu Tajemtra, pertama dengan gang Buldozer van SMP 3, tapi perorangan cuma rame-rame. Kelorone karo SMA 1, beregu tidak mewakili kelas utawa ekskul, cuma arek-arek iseng sing gawe grup buat tajemtra buat menyakurkan kelebihan enegi (he..he.. maklum kelas 1). Bar kuwi yo kapok gak melok Tajem maneh.. tapi saiki pengen lagi kok. Kethoke sampeyan kudu cerito pengalaman melok Tajemtra, pasti seru ceritane… (aku ndaftar dadi penggemar berat tulisane sampeyan yo..)

    Dynan Fariz SMA 1 angkatan piro Cak?

  4. say baba says:

    semoga rakyat jember tak jadi gila, ra waras bik JFC yang tidak lagi indahkan nilai spiritual aturan berbusana yang dikehendaki Tuhan. Amien…

  5. az says:

    Kalau ada yg kepingin lihat foto2 Jember Fashion 2008, bisa dilihat disini stirayoh.multiply.com

  6. satrio budi adi says:

    sebagai asli jember sing wis dadi warga jakarta, jelas bangga dengan produk lokal yang ngglobal cak! semoga dengan JFC kota Jember tercinta makin terkenal selain karena tembakau, Unej, santet dan caroknya.

  7. Kabar Berita says:

    Berkunjung ke blog sahabat.,.,Salam kenal.,,., :)

Leave a Reply